7 Nutrisi Penting Tingkatkan Kesuburan




Mempunyai keturunan tentunya merupakan suatu momen yang sangat diidam idamkan oleh para orangtua, apalagi bagi para pengantin baru, dengan hadirnya  buah hati tentunya dapat menambah kebahagiaan menjadi berlipat.
Tentunya gaya hidup serta makanan yang kita konsumsi sangatlah berpengaruh pada tingkat kesuburan kita. “Standar American Diet menyatakan bahwa, ……
Jadi bagi anda yang memiliki keinginan untuk cepat mempunyai keturunan, sudah saatnya bagi anda untuk memperhatikan kandungan nutrisi pada makanan yang anda konsumsi setiap harinya.  7 Nutrisi berikut memiliki peran penting dalam meningkatkan kesuburan anda :

1.       Asam Folat

        Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat sangat penting guna

meningkatkan kesuburan serta meningkatkan nutrisi sebelum kehamilan.  Dilansir dari 

situs bidanku bahwa asam folat dapat membantu meningkatkan system produksi pada sel 

telur yang terdapat pada reproduksi wanita yang efeknya dapat membuat anda cepat 

hamil. Dalam makanan sehari-hari asam folat dapat anda temukan pada sayuran hijau, 

kacang-kacangan, kuning telur, brokoli, kubis, pisang, kecambah dan sereal.

2.       Vitamin B

Gandum, kacang-kacangan, susu, ikan dan telur adalah merupakan contoh makanan yang kaya akan vitamin B. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa antara vitamin B dan kesuburan sangat erat kaitannya. Vitamin B6 penting bagi wanita, karena mampu meningkatkan kesuburan. Sedangkan vitamin B12 penting bagi pria, karena dapat meningkatkan dan menambah kualitas sperma.

3.       Vitamin C

Pada wanita vitamin c ini berfungsi untuk meningkatkan fertilitas dan membantu penyerapan zat besi. Dan bagi pria vitamin c ini berperan sebagai pencegah terjadinya penggumpalan sperma serta meningkatkan mobilitas sperma.
Sumber utama vitamin c ini banyak terdapat pada buah-buahan seperti, buah naga, sirsak, jeruk, stroberi dan mangga, serta pada sayuran seperti pada bayam dan cabai.

4.       Vitamin E

Vitamin E sangat penting baik itu bagi pria maupun wanita bagi system reproduksinya. Bagi pria vitamin ini mampu mendukung produksi sperma serta mencegah kerusakan DNA sperma. Dan bagi wanita vitamin ini mampu menjaga produksi hormon-hormon baik dan endokrin.
Beberapa makanan yang mengandung vitamin e yang tinggi diantaranya adalah, kacang-kacangan, kecambah serta sayuran berwarna hijau tua.

5.       Zinc

Zinc adalah salah satu nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesuburan baik bagi pria maupun wanita. “Dilansir dari situs klikdokter, bahwa  zinc ini penting dalam menjaga fungsi organ intimnya, serta kekurangan zinc mampu memicu penurunan hormon kesuburan yaitu hormone testosteron.
Sedangkan bagi wanita asupan zinc ini dapat membantu dalam mempertahankan hormone reproduksi.”

6.       Karbohidrat Kompleks

Dilansir dari alodoter, Karbohidrat yang biasa kita konsumsi seperti pada nasi putih dan roti, merupakan karbohidrat olahan. Sedangkan yang diperlukan tubu untuk meningkatkan kesuburan adalah karbohidrat kompleks, yang terdapat manfaat penting bagi kesuburan yang mana telah hilang pada karbohidrat olahan.
Maka mulai sekarang cobalah untuk mengganti nasi putih kita dengan nasi merah, sereal biji-bijian utuh, dan roti tawar gandum.


7.       Omega 3


Omega 3 berperan penting untuk menghasilkan asam lemak essensial dan juga prostaglandin. Yang berperan untuk mencegah menurunnya kualitas sperma.
Omega 3 dapat kita temukan pada minyak ikan, minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian. 

                 Itulah 7 nutrisi penting yang dapat membantu meningkatkan kesuburan Anda. Selain                           nutrisi tersebut jangan lupa pula untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga                           teratur, serta menghindari minuman beralkohol dan rokok. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

9 Penyebab Terlambat Haid

Bahayakah Penyakit Diabetes Pada Ibu Hamil ?