7 Langkah Cerdas Cegah Diabetes Melitus




Di Indonesia saat ini angka penderita diabetes masih cukup tinggi, bahkan Indonesia sendiri menempati urutan ketujuh tertinggi di dunia. Hal ini berdasarkan data dari International Diabetes Federation (IDF), bahwa jumlah penderita diabetes di Indonesia diperkirakan mencapai 10 juta orang dan menempati urutan ketujuh di dunia. Dikutip juga dari situs resmi dinas kesehatan dinkes.go.id, bahwa pada tahun 2030 diperkirakan prevalensi diabetes mellitus di Indonesia mencapai 21,3 juta orang.

Diabetes ini sendiri terjadi karena ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin, yang ditandai dengan tinggi nya kadar gula dalam darah. Dan dibagi menjadi 2 tipe, yaitu DM tipe 1 yang disebabkan oleh faktor keturunan dan DM tipe 2 yang disebabkan oleh gaya hidup. Di Indonesia sendiri lebih banyak penderita diabetes tipe kedua yaitu yang disebabkan oleh gaya hidup.

Telah kita ketahui bahwa selain faktor keturunan, diabetes ini juga disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, kurang olahraga, dan memakan makanan yang tidak sehat.
 Diabetes sendiri jika sudah komplikasi akan menyebabkan kematian, oleh karena itu berikut 7 langkah cerdas cegah diabetes agar terhindar dari penyakit diabetes :

 1.     STOP Merokok !


Seperti telah kita ketahui, bahwa rokok  mengandung zat yang dapat merusak organ-organ tubuh manusia. Pada kasus diabetes ini, kandungan zat nikotin yang terdapat pada rokok mencemari darah yang ada di tubuh kita, yang kemudian berdampak pada kerusakan sistem insulin pada pankreas, sehingga hal tersebut meningkatkan resiko diri kita terhadap penyakit diabetes.

 2.     Jaga Berat Badan


Seperti telah disebutkan di atas bahwa penyebab diabetes salah satunya adalah pola makan dan juga menu makanan yang tidak sehat, yang hal tersebut menimbulkan dampak pada berat badan yang berlebih atau obesitas, pada orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes. 

Hal ini dikarenakan pada tubuh seseorang dengan obesitas kadar lemak nya terlalu tinggi,yang hal ini dapat mengganggu kerja insulin sehingga insulin tidak bekerja secara maksimal. Hal tersebut lama kelamaan membuat produksi insulin mengalami masalah dan penurunan, yang disebut dengan resistensi insulin. Kasus resistensi insulin inilah yang membawa dampak pada penyakit diabetes nantinya.


3.  Jauhi Diri dari Alkohol
Berbagai penelitian mengungkapkan, bahwa meminum alkohol akan berdampak besar bagi terjadinya penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan alkohol tersebut mengganggu kemampuan pankreas untuk memproduksi insulin. Karena alkohol ini minuman yang mengandung gula dan juga kalori, yang tentunya meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes.


4.   Rutin Berolahraga
Olahraga selain membuat tubuh lebih segar, juga mampu menghindari tubuh dari berbagai macam penyakit. Dengan berolahraga, akan menghindarkan tubuh dari penimbunan lemak dan juga gula yang dapat mengakibatkan obesitas. Dengan begitu akan mengurangi resiko terkena diabetes.

Selain itu dengan membiasakan diri rutin berolahraga, membantu tubuh menjaga kadar gula darah tetap normal, karena dengan olahraga membantu mengubah glukosa dalam tubuh menjadi energi. Mulai sekarang, rutinlah berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu.

5.   Memperhatikan Asupan Makanan


Makanan sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. Jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan-makanan yang sehat, tentu akan berdampak pada tubuh yang sehat pula, dan sebaliknya, jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan tidak sehat, yang mengandung gula berlebih atau kalori dan lemak berlebih, tentunya akan berdampak negatif  pula bagi tubuh.

Mengatur porsi makan dan makan  jenis makanan yang sehat, serta memperbanyak  mengkonsumsi sayur-sayuran dan juga buah-buahan, mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula, pemanis buatan dan lemak yang tinggi.

 Kandungan serat yang terdapat pada sayur dan juga buah, mampu menekan naiknya gula darah, sehingga mengurangi resiko penyakit diabetes. Nasi juga dapat anda ganti dengan gandum, jagung, ubi atau sereal, karena nasi mengandung glukosa atau gula yang mampu memicu diabetes.


6.  Kurangi Konsumsi Daging Merah
Daging merah mengandung lemak yang tinggi, dan juga sulit untuk dicerna. Hal ini membuat lemak di tubuh menumpuk dan nantinya akan menimbulkan obesitas yang berdampak besar pada obesitas. Oleh karena itu mulai sekarang, cobalah untuk mengurangi konsumsi daging merah dan menggantinya dengan ikan,daging unggas, biji-bijian, susu rendah lemak, dan kacang-kacangan.


7.   Hindari Stress
Karena banyaknya tugas kantor atau kuliah biasanya menyebabkan seseorang menjadi stress. Perlu diketahui bahwa pada saat stress, tubuh memproduksi hormon kortisol. Hormon ini yang dapat merusak organ-organ tubuh dan juga menaikkan kadar gula dalam darah. Yang pada akhirnya tubuh akan kelebihan kadar gula dalam darah, sehingga dapat menyebabkan penyakit diabetes.


8. Istirahat Cukup
Istirahat yang cukup sangatlah penting bagi tubuh. Karena pada waktu tubuh beristirahatlah proses regenerasi sel berlangsung. Sebaliknya jika Anda kurang tidur, akan menyebabkan gangguan proses metabolisme. Hal tersebut membuat glukosa yang ada di dalam tubuh tidak dapat diolah secara maksimal. Sehingga hal ini dapat meningkatkan resiko terhadap penyakit diabetes.


Sekian beberapa tips seputar pencegahan terhadap penyakit diabetes ini, semoga dengan adanya tips ini dapat membantu kita semua terhindar dari penyakit diabetes mellitus. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Nutrisi Penting Tingkatkan Kesuburan

9 Penyebab Terlambat Haid

Bahayakah Penyakit Diabetes Pada Ibu Hamil ?